Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Thursday, August 10, 2017

Cara Mudah Sharing Printer di Windows 7

Cara Mudah Sharing Printer di Windows 7
Dalam Satu jaringan Lokal (Via LAN dan Wifi)

Berbagi printer atau di kenal dengan istilah “Sharing Printer” sudah banyak di gunakan baik di lingkungan sekolahan, perkantoran, bahkan di warnet sekalipun sudah menerapkan sistem berbagi printer. Sharing printer sendiri ada beberapa cara namun di sini Admin akan memberikan cara yang paling mudah dan banyak digunakan.


Berikut Admin akan jelaskan Langkah-langkah untuk sharing printer di windows 7.

1. Setting di Laptop/PC Server

Disini PC/Laptop yang dijadikan sebagai server printer harus disetting terlebih dahulu. Klik start lalu klik devices and printers. Kemudian akan terbuka jendela devices and printer. Sebagai contoh Admin akan sharing printer Epson L210. Klik kanan pada printer yang akan di share lalu pilih printer properties. Klik Tab sharing lalu contreng tulisan share this printer. Share name bisa menggunakan nama printer default bisa juga dibuat sendiri sesuai selera teman-teman. Sebagai contoh Admin menamai printer tersebut “EPSON L210 Series – HUMAS” selanjutnya klik Apply dan OK

Tahap selanjutnya yakni mengaktifkan “file and printer sharing”. Caranya masuk di Control Panel – Network and sharing center – Advanced sharing setting. Selanjutnya pilih Turn on File and Printer Sharing. Perhatikan gambar di bawah. Untuk tahapan ini baik server maupun client sama-sama mengaktifkan turn on file and printer sharing. 

2. Setting di Laptop/PC Client

Setelah di PC/Laptop yang dijadikan sebagai server printer telah disetting. Tahap selanjutnya Laptop/PC client yang akan di setting. Klik Start lalu pilih Devices and printers, lalu klik Add a printer disamping tulisan Add a Devices.

Pilih Add a Network, wireless or bluetooth Printer.

Disini terdapat beberapa printer yang di share, sebagai contoh kita akan menggunakan printer Epson L210 - HUMAS. Pilih printer yang akan digunakan lalu next

Selanjutnya terlihat proses instalasi printer di Laptop client. Perhatikan gambar dibawah

Jika instalasi berhasil akan tampak seperti gambar di bawah, selanjutnya klik Next.

Nah, sekarang printer berhasil di tambahkan dan siap digunakan. Klik Finish untuk keluar. Jika printer akan dijadikan printer default, silahkan di centang tulisan “set as a default printer”. Klik print a test page jika ingin tes printernya.

Pada jendela devices and printer disitu terlihat printer yang sudah berhasil di tambahkan (printer yang sudah di share). Lihat gambar di bawah.

Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula.

Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.


2 komentar:

Yafiq said...

Thanks Gan, Infonya bermanfaat didunia kerja seperti di KCW. Jangan lupa kalau ada waktu naik ke 25 jangan lupa dengan sodaranya,,

Belalang Kampung said...

Insyallah sodara, siapkan 1 Laptop atau perangkat lain yang ingin diperbaiki.