Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Tuesday, September 12, 2017

Cara Mudah Mengatasi Hardisk Eksternal Error yang Minta Format






Cara Mudah Mengatasi Hardisk Eksternal Error yang Minta Format

Apakah teman-teman pernah mengalami ketika Hardisk Eksternal yang dicolokkan ke PC/Laptop tiba-tiba error dan minta di format. Teman-teman pasti merasa panik dan cemas ketika mengalami kasus ini. Apalagi data di dalam Hardisk tersebut sangat berharga buat teman-teman. Pada kesempatan kali ini belalang-kampung akan berbagi tips sederhana "Cara Mudah mengatasi Hardisk Eksternal Error yang Minta Format". Cara ini berlaku juga untuk media penyimpanan eksternal lainya sepertiUSB Flashdisk dan Memori Card yang mana ketika di colokkan ke PC/Laptop tiba-tiba error dan minta untuk di format. Hal yang harus di ingat ketika muncul error seperti ini jangan dulu terburu - buru untuk memformaf Hardisknya. Ketika teman-teman klik format maka data yang ada di dalam Hardisk tersebut akan hilang. Dan untuk mengembalikannya teman-teman butuh software recovery. 

Sebelum lanjut ke pokok pembahasan, Admin jelaskan sedikit terkait penyebab errornya hardisk tersebut. Faktor utama errornya hardisk dan muncul notifikasi untuk di format yakni seringnya mencabut hardisk tanpa di "eject" terlebih dahulu. Hal ini terlihat sepele, namun jika dilakukan berulang-ulang dapat berpengaruh pada system dan kinerja hardisk itu sendiri. Biasanya tipe Hardisk langsung berubah dari NTFS menjadi RAW.

Cara Mudah Mengatasi Hardisk Eksternal Error yang Minta Format.

Ketika teman-teman mengalami kasus seperti ini, usahakan jangan dulu langsung di format hardisknya karena itu tidak akan menyelesaikan masalah, yang ada justru data di dalam hardisk akan hilang.

Untuk mengatasi masalah ini, teman-teman cukup memanfaatkan tool bawaan windows yakni command promt (CMD). Buka CMD sebagai administrator. Pada jendela CMD, ketikkan "chkdsk /r /f F:" tanpa tanda petik, lalu tekan enter. untuk huruf F di sesuaikan dengan partisi Hardisk yang error (Hardisk yang akan diperbaiki). 


Tunggu hingga prosesnya selesai. Lamanya proses tergantung besarnya kapasitas Hardisk dan banyaknya data di dalam Hardisk tersebut. 

Jika proses berhasil maka akan terlihat kapasitas hardisk dan total memori yang masih kosong/belum terpakai.

Tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga hardisk yang error bisa diperbaiki dengan menggunakan Tools bawaan Windows (CMD). perlu diketahui cara ini berlaku bukan cuma pada Hardisk, namun berlaku juga pada USB Flashdisk, SD Card dan media penyimpanan lainnya. 



Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula. Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.


9 komentar:

harniaty said...

MAKASIH BANYAK INFONYA AKHIRNYA HARDISKQ TERSELAMATKAN

Belalang Kampung said...

Sama-sama gan, terimakasih sudah berkunjung.

Unknown said...

Thanks gan. File ane terselamatkan.

Unknown said...

Punya saya belum bisa gan,,ada tulisan "The First NTFS boot sector ia unreadeble or corrupt"

Unknown said...

Hardisk saya berubah file system RAW,gimana atasinya.

Belalang Kampung said...

Sama sama gan, trimakasih atas kunjungannya.

Belalang Kampung said...

@Elang, cara atasinya bisa gunakan cara di atas, krna pada dasarnya HDD yang minta format itu file systemnya berubah menjadi RAW. intinya HDD nya jangan dlu di format karna hal itu tidak akan menyelesaikan masalah. trimakasih atas kunjungannya.

Belalang Kampung said...

@Dais, itu disebabkan adanya sebuah sector yang corrupt atau rusak. penyebabnya bisa karna tegangan yg masuk pada HDD tidak sesuai dengan yang di butuhkan HHardisk itu sendiri. bisa juga karna adanya virus yang merusak system sector pada hardisk. terimakasih atas kunjungannya gan.

isamisma said...

gak bisa gan. tolong bantu ane gan. mintak kontaknya dong gan.