Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Monday, October 30, 2017

Tips Memperbaiki Printer Epson L210 dan L220 Error Paper Jam (Kertas Macet)

Di era yang serba canggih sekarang ini, siapa yang tak kenal dengan printer? Hampir setiap kalangan baik pelajar, mahasiswa dan pegawai kantoran pasti pernah bersentuhan dengan barang elektronik yang satu ini. Berbagai merk printer kini dapat dijumpai dengan mudah, salah satunya adalah printer Epson.
Pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi "Tips Memperbaiki Printer Epson L210 dan L220 Error Paper Jam (Kertas Macet)". Paper jam pada Printer Epson L210/L220 Ditandai dengan lampu indikator kertas berwarna merah, dan pada Epson Status Monitor ada keterangan seperti di bawah ini:
Paper Jam Epson L210


Paper Jam Epson L220

Paper Jam Epson L220


Secara Umum, Penyebab terjadinya Paper Jam pada Printer Epson L210 dan L220 diantaranya karena :

1. Ada Sesuatu baik kertas ataupun benda asing yang masuk kedalam printer dan mengganjal Roll Printer sehingga kertas yang ada tidak bisa ditarik saat melakukan perintah print out. 
2. Terlalu banyaknya kertas yang dimasukkan ke dalam Rear Tray. 
3. Terlepasnya sebuah komponen dari porosnya. 
4. As Printer tidak berfungsi. 
5. Sensor printer Bermasalah.

Jika terjadi Paper Jam, Langkah pertama yang harus kalian lakukan yakni :

  • Periksa dengan teliti kedalam printer apakah ada kertas atau benda asing yang tersangkut di jalur sirkulasi kertas. Sekecil apapun kertas atau benda asing yang berada di jalur sirkulasi kertas bisa menyebabkan paper jammed.
  • Jika memang ada kertas yang tersangkut, tariklah kertas dari bawah secara perlahan. Jangan pernah memaksa untuk menarik kertas dari atas, kareana bisa menyebabkan As patah.
  • Jika tidak terdapat kertas atau benda asing lainnya, maka ada kemungkinan lain penyebab paper jam printer tersebut.
  • periksa kembali kedalam printer secara teliti terutama di bagian real tray kemungkinan ada sesuatu yang terlepas.

Namun kali ini Admin akan berbagi tutorial memperbaiki paper jam pada printer yang di sebabkan oleh terlepasnya sebuah komponen dari porosnya (point 3). Menurut pengalaman Admin, dari banyaknya printer yang Admin perbaiki dalam hal ini error paper jam itu disebabkan oleh terlepasnya sebuah komponen dari porosnya. Hal ini menyebabkan penarik kertas pada priter tidak akan berfungsi.

Untuk memasang kembali komponen tersebut, kalian harus lepaskan beberapa casing printer terutama casing bagian atas printer. Gunakan obeng untuk membuka mur pada samping kiri dan kanan casing atas.

Gunakan Obeng kecil dan pingset untuk mengembalikan posisi komponen yang terlepas, lakukan dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kesalahan.


Jika sudah selesai memasang komponen yang terlepas ke posisi semula, pasang kembali casing bagian atas printer. jangan lupa lakukan print out untuk memastikan printer apakah sudah normal atau masih error.

Baca Juga : 

Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula. Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.



7 komentar:

Kang Wirand said...

mantep mas artikelnya, semoga sukses selalu ( kunbal technodand.com )

Belalang Kampung said...

terimakasih atas kunjungannya Kang Wiran. Akan kami kunjungi balik blog kang wiran.

Paipai said...

thanks gan sudah share
power supply hp

Belalang Kampung said...

sama-sama gan. terimakasih atas kunjungannya.

boy said...

Gan mau tanya, punya saya L210 paper jamp terus notifnya, padahal kertas suda saya tarik, saya cek sensornya gk lepas,, saya cabut colokannya saya hidupkanlagi masi paper jamp,, kira kira solusinya apa ya gan, terima kasih.

Budi Golik said...
This comment has been removed by the author.
Budi Golik said...

mantap Info nya.....