Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Tuesday, October 31, 2017

Trik Ampuh Mengembalikan File/Folder di Flashdisk yang berubah menjadi Shortcut menggunakan CMD


Mungkin Sebagian dari pembaca pernah mengalami hal seperti ini, ketika Flashdisk kesayangan kalian di colokan ke PC/Laptop tiba-tiba saja file atau foldernya berubah menjadi shortcut atau bahkan isi di dalam flashdisk kosong dan yang ada hanya nama flashdisk dengan tipenya "shortcut".
Sebenarnya File/folder yang ada di dalam flashdisk masih ada namun karna flashdisk tersebut telah terinfeksi virus shortcut sehingga file/folder asli disembunyikan oleh virus shortcut tersebut. Biasanya flashdisk yang terinfeksi virus shortcut karena sering di colokkan ke banyak laptop/pc, baik di laptop sendiri ataupun di laptop teman (Flashdisknya sering dipinjam dari teman keteman yang lainya, dari teman yang lain dipinjam lagi keteman yang lainya lagi).

Satu hal yang perlu di ingat, ketika flashdisk kalian terkena virus shortcut sebaiknya jangan dulu langsung format flashdisknya karena hal itu tidak akan menyelesaikan masalah. 

Cara untuk mengembalikan file/folder yang berubah menjadi shortcut mengunakan perintah CMD sebenarnya sangat mudah dan simple. Tidak perlu ahli komputer yang melakukannya, orang awampun pasti bisa melakukannya. Cukup kalian ikuti langkah-langkahnya seperti petunjuk di bawah : 

Pertama ketik CMD pada kotak pencarian "Run" lalu enter. klik icon Windows + R di keyboard untuk memunculkan kotak pencarian Run. 

Pada tampilan CMD, ketikan Driver pada flashdisk kalian yang di ikuti tanda titik dua (:), misalnya flashdisk yang akan Admin bersihkan virus shortcutnya adalah Drive F (Jadi ketik F: lalu enter). 

Sekarang kalian sudah berada pada Drive flashdisk, langkah selanjutnya ketikan perintah berikut "attrib -h -r -s /s /d" tanpa tanda petik, lalu enter. 

Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan file/folder selesai. Lamanya pemulihan tergantung banyaknya data/file di dalam flashdisk. Jika proses pemulihan selesai akan muncul dibawah drive flashdisk kalian, Contoh di bawah F:\> 

Setelah selesai pemulihan, di dalam flashdisk akan ada 1 folder baru tanpa nama. Semua file/folder yang di hidden (disembunyikan) oleh virus shortcut telah berhasil dikembalikan dan berada di folder tanpa nama tersebut. 

Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula.


Baca Juga :

Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.


1 komentar:

Anonymous said...

bermanfaat sekali.. dan berhasil mengembalikan folder2 penting saya.. terima kasih infonya..