Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Wednesday, October 4, 2017

Cara Mengatasi Notifikasi Notepad yang Muncul Saat Start Up Windows (desktop.ini atau settings.ini)


Apakah kalian pernah menemukan notifikasi notepad saat PC/Laptop di hidupkan? Kalimat yang tertulis pada notepad tersebut :

[.ShellClassInfo]
LocalizedResourceName=@%SystemRoot%\system32\shell32.dll,-21787

Filde desktop.ini atau setting.ini adalah file yang digunakan Sistem Windows untuk mengidentifikasi folder-folder khusus, misalnya My Documents atau Favorites, yang mana folder ini berhubungan dengan menu Startup. Secara default file desktop.ini atau setting.ini attributnya Hidden (tersembunyi/tidak terlihat), namun jika saat starup windows muncul file notepad desktop.ini atau setting.ini itu artinya kalian sudah membuat attributnya Unhidden (tidak tersembunyi/terlihat).

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, kalian tinggal menghapus filenya (Desktop.ini atau setting.ini) yang ada di program Startup PC/Laptop kalian. Setiap PC/Laptop pasti terdapat dua menu startup yakni startup untuk Administrator (Pemilik laptop) dan Startup untuk All User (pengguna lain). Jadi hapus file tersebut di kedua menu startupnya.

Baiklah, untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. Buka windows eksplorer lalu klik Menu Organize yang ada di pojok kiri atas. kemudian pilih folder and search options, lihat gambar (Klik gambar untuk memperbesar).


Pada jendela "Folder Option" klik tab View. pada pilihan "Hidden file and folder" pilih "Show hidden files, folder and drivers". Jangan lupa hilangkan juga centang pada "Hide protected operating system files" agar kita bisa melihat file dekstop.ini yang disembunyikan oleh sistem. Lalu Klik Apply dan OK.


Langkah selanjutnya kalian masuk di menu startupnya. Buka Folder C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup. Hapus file desktop.ini atau setting.ini yang ada di dalam folder startup tersebut (sesuaikan dengan notifikasi notepad yang muncul saat PC/Laptop di hidupkan).


Kemudian kalian masuk lagi di menu startupnya. Buka Folder  C:\Users\USERNAME\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup. Untuk USERNAME disesuaikan dengan Username PC/Laptop kalian, sebagai contoh nama Laptop Admin adalah ADUM. Di dalam folder startup tersebut kalian akan menemukan file notepad yang sama dengan yang ada pada folder startup sebelumnya yang sudah di hapus. Sekarang hapus lagi file notepad desktop.ini atau setting.ini (sesuaikan dengan notifikasi notepad yang muncul saat PC/Laptop di hidupkan). 


Setelah file notepad desktop.ini atau setting.ini di hapus, restart PC/Laptop kalian dan lihat hasilnya, notifikasi notepad baik desktop.ini ataupun setting.ini tidak lagi muncul saat startup windows.

Untuk kalian yang menggunakan Sistem Operasi Windows 8, windows 8.1 dan windows 10 langkah-langkahnya sama dengan windows 7. 

Baca Juga :


Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula.

Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.

0 komentar: