Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Monday, October 16, 2017

Panduan Lengkap Cara Setting Email Gmail di Outlook 2007, 2010 dan 2013

Dipostingan sebelumnya Admin sudah membagikan tutorial "Panduan Lengkap Cara Setting Email Yahoo di Outlook 2007, 2010 dan 2013". Nah, pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi tutorial lengkap "Panduan Lengkap Cara Setting Email Gmail di Outlook 2007, 2010 dan 2013"
Sebelum kita masuk ke Outlook untuk setting email Gmail, terlebih dahulu login ke mail gmail kalian untuk mengaktifkan pengaturan POP pada penerusan POP/IMAP via browsing. Hal ini wajib dilakukan agar akun gmail bisa berfungsi saat digunakan di outlook.
  • Pertama login terlebih dahulu ke gmail via browser (Mozila/Firefox). Agar proses login cepat gunakan mode HTML biasa saat login ke account gmail kalian. 
  • Setelah berhasil login, klik pengaturan/setelan yang berada di pojok kanan atas. perhatikan gambar di bawah.
  • Kemudian pilih tab Penerusan dan POP/IMAP, lalu pilih “Aktifkan POP untuk semua email (bahkan email yang telah didownload)" bila kalian ingin men-download semua email yang ada didalam kotak surat Anda. Jangan lupa klik simpan perubahan.

  • Sekarang saatnya untuk setting akun gmail di outlook. Buka control panel lalu klik Mail maka akan muncul jendela pop up, Pilih show profil.

  • Pada jendela profil, jika sudah pernah setting email di outlook sebelumnya maka akan terlihat profil yang sudah disetting, namun jika belum pernah setting email sebelumnya di outlook maka jendela profil masih kosong. sekarang klik "Add" untuk menambahkan Profil, selanjutnya klik OK.

  • Settingan selanjutnya yakni "Add New Account", pilih "Manually configurasi server setting or additional server types" lalu klik next.

  • Kemudian untuk choose service pilih "internet email (Connect to POP or IMAPserver to send and receiver email message". Next lagi.

  • Tahap selanjutnya yakni Internet email setting. isi kolom user, server dan logon informasi. Untuk Account type pilih POP3. Selanjutnya Klik More setting.

  • Pada Tab Outgoing server, centang "my outgoing server (SMTP)" nya. 

  • lalu di tab advanced isi server port numbernya sesuia gambar di bawah. Sebenarnya untuk port POP dan SMTP gmail masih ada yang lain namun Admin memilih menggunakan Port 995 untuk POP dan 465 untuk SMTP. selanjutnya Klik OK.

  • Lalu klik Next (apabila tulisan test account setting by clicking the next button di centang). Jika tidak di centang maka klik tes account setting.

  • Selanjutnya akan terlihat proses send and receiver email, apabila settingan sudah sesuai maka status pada send and receiver complete.

  • Setelah send and receiver sudah berhasil/complete, lalu klik finish. Sekarang teman-teman sudah bisa membuka email gmail di Outlooknya. 

Selamat mencoba, semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang masih awam tentang cara setting akun gmail di Outlook. 
Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula. Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.

0 komentar: