Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Sunday, November 12, 2017

Tutorial lengkap Cara Install Oracle VM VirtualBox

Oracle VM VirtualBox atau dikenal dengan istilah VirtualBox adalah sebuah perangkat lunak virtualisasi yang mana dapat digunakan untuk menjalankan sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”Sebagai contoh, Saat ini di Laptop Admin menggunakan Sistem Operasi Windows 7 dan di dalam Sistem Operasi Windows 7 tersebut terdapat pula Sistem Operasi Windows 7 yang terinstal di dalam Mesin Virtual (Virtual Box).

Langkah-langkah dalam Installasi Virtual Box

Download terlebih dahulu software/file installasi virtual box disini atau disini. Sesuaikan dengan Sistem Operasi yang kalian gunakan. Jangan lupa ekstrak filenya. Selanjutnya klik kanan pada file .exe (aplikasi VirtualBox) yang telah didownload lalu pilih Run as Administrator. Pada jendela selamat datang di VirtualBox, Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.

Pada tahap ini, kalian dapat menentukan fitur apa yang akan diinstall, mulai dari dukungan terhadap USB, jaringan sampai script Phyton untuk VirtualBox API. Di bagian ini kalian juga dapat menentukan lokasi folder VirtualBox akan diinstall. Disini Admin menggunakan pegaturan default. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.

Checklist saja semua, lalu klik next.

Selanjutnya muncul pemberitahuan, bahwa dalam proses instalasi, interface atau kartu jaringan yang ada pada komputer akan dinonaktifkan untuk sementara waktu, namun akan diaktifkan kembali secara otomatis, dengan tambahan kartu jaringan virtual bawaan dari VirtualBox. Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses instalasi.

VirtualBox sudah memiliki informasi yang diperlukan dan siap untuk diinstall. Klik tombol Install untuk memulai proses instalasi VirtualBox.

Proses instalasi sedang berjalan.

Apabila dalam proses instalasi muncul pertanyaan terkait keamanan sistem, tandai kotak konfirmasi Always trust software from "Oracle Corporation" kemudian tekan tombol Install. Jika yang ditekan adalah tombol Dont Install maka proses instalasi akan dihentikan. Dan apabila kotak konfirmasi Always trust software from "Oracle Corporation" tidak diaktifkan, maka pertanyaan terkait keamanan akan muncul beberapa kali dan kita harus menekan tombol Install untuk menyelesaikan proses instalasi VirtualBox.

Setelah proses instalasi selesai pada bagian terakhir terdapat pemberitahuan bahwa proses instalasi telah selesai. Untuk membuka virtualbox anda, silakan checklist “Start Oracle VM Virtualbox 5.0.6 After Installation” dan klik Finish.

Tampilan ruangan aplikasi VirtualBox yang baru diinstall.

Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula. Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.


0 komentar: